Translate

Pengertian Strategi Diversifikasi Konsentris (Diversifikasi Terkait)

1. Definisi Strategi Diversifikasi Konsentris (Diversifikasi Terkait).

Strategi diversifikasi konsentris (diversifikasi terkait) merupakan bagian dari tipe strategi diversifikasi, terdapat berbagai macam tipe strategi yang dapat digunakan oleh perusahaan yakni strategi integrasi (integration strategy), strategi insentif (incentive strategy), strategi diversifikasi (diversification strategi) dan strategi bertahan.

Definisi strategi diversifikasi konsentris (terkait) adalah suatu jenis diversifikasi di mana perusahaan memperoleh strategic bisnis unit baru, lini bisnis baru atau perusahaan baru melalui akuisisi atau mendirikan lini bisnis  baru yang terkait erat dengan bisnis inti.Strategi konsentris juga akan membuka peluang untuk masuk ke satu atau lebih pasar baru dari produk, jasa dan benefit yang terbentuk melalui strategi diversifikasi konsentris.

Strategi diversifikasi konsentris (terkait) mendorong peningkatan nilai pemegang saham. Bisnis menerapkan strategi diversifikasi terkait untuk mencapai "sinergi." Perusahaan mencapai "sinergi," yang terjadi ketika bisnis berkinerja lebih baik secara keseluruhan daripada jumlah bagian mereka, melalui berbagi sumber daya, menggabungkan operasi, dan mentransfer pengetahuan.







Karena semua bisnis memiliki arah tujuan untuk meningkatkan nilai perusahaan bagi pemiliknya. bisnis biasanya melakukan diversifikasi untuk meningkatkan nilai perusahaan bagi pemilik dan investor. Selain itu , perusahaan yang produk dan jasanya terdiversifikasi terkait dengan core business maka akan lebih bersaing, meningkatkan market share melalui produk-produk barunya.


2. Implementasi Strategi Diversifikasi Konsentris.

Kerangka Strategi Induk, posisi rapid growth market ideal untuk strategi diversifikasi konsenteris 3.
Kerangka Strategi Induk, posisi rapid growth market ideal untuk strategi diversifikasi konsenteris.

Strategi diversifikasi konsentris (diversifikasi terkait) diterapkan untuk menghadapi rapid growth market dalam kerangka strategi induk. Strategi ini mirip dengan strategi vertikal. Strategi vertikal lebih mengedepankan terbentuknya value chain dari rantai-rantai pendukung (faktor produksi dan supporting line) berupa perusahaan atau SBU yang didirikan, semakin tinggi value chain maka semakin baik. Sedangkan tujuan dari diversifikasi konsentris untuk memperluas cakupan pasar dengan menawarkan variasi produk serta jasa dari industri yang masih terkait dan untuk meningkatkan value. Diversifikasi konsentris menawarkan produk-produk yang lebih terdiversifikasi di dalam sektor industri dan mendapatkan pangsa pasar baru dari produk yang terdiversifikasi menjadi niche product.

Contoh strategi diversifikasi konsentris seperti Coca-cola yang membeli Ades dari Unilever. Ades merupakan produk minuman air mineral dalam kemasan (non soda). Coca-cola dan Ades masih dalam satu industri yang sama yakni FMCG minuman langsung, namun berbeda dalam target pasar.





Coca-cola mengakuisisi Ades, lini bisnis Unilever ,Diversifikasi konsentris 3.
Coca-cola mengakuisisi Ades, lini bisnis Unilever ,Diversifikasi konsentris.

Strategy diversifikasi konsentris dilakukan dengan cara mengakuisisi, membeli lini bisnis (SBU berikut brand), merger dan partnership. Bisnis dikatakan terkait ketika rantai nilai mereka memiliki kecocokan strategis lintas bisnis yang bernilai kompetitif. Sebagian besar perusahaan menyukai strategi diversifikasi terkait untuk memanfaatkan sinergi sebagai berikut:



  • Mentransfer keahlian bernilai kompetitif, pengetahuan teknologi, atau kemampuan lainnya dari satu bisnis ke bisnis lainnya yang operasionalnya masih terkait.
  • Menggabungkan kegiatan terkait dari bisnis yang terpisah menjadi satu operasi untuk mencapai biaya lebih rendah
  • Memanfaatkan penggunaan umum dari nama merek terkenal
  • Kolaborasi lintas bisnis untuk menciptakan kekuatan sumber daya yang berharga dan kompetitif kemampuan.



Beberapa contoh pedoman ketika diversifikasi konsentris (terkait) dapat menjadi strategi yang efektif adalah sebagai berikut:



  • Sebuah organisasi bersaing dalam industri tanpa pertumbuhan atau pertumbuhan lambat.
  • Menambahkan produk baru, tetapi terkait, akan secara signifikan meningkatkan penjualan produk saat ini.
  • Produk baru, tetapi terkait, dapat ditawarkan dengan harga yang sangat kompetitif.
  • Produk baru, tetapi terkait, memiliki tingkat penjualan musiman yang mengimbangi puncak dan lembah yang ada di suatu organisasi.
  • Produk organisasi saat ini sedang dalam tahap menurun dari siklus hidup produk.
  • Suatu organisasi memiliki tim manajemen yang kuat.







Sumber :.

1. Fred. R. David dan Forest. R. David. 2017. Strategic Management Competitive Advantages Approach 16th Global Edition, Concept And Cases. London : Pearson Education.
2. https://internasional.kontan.co.id/news/coca-cola-beli-ades-us-575-juta-dari-unilever.


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Unduh Ebook Manajemen Pemasaran 15th Global Edition 2016 Philip Kotler PDF

Pengertian Fungsi Manajemen Konsep POLC (Planning, Organizing, Leading dan Controling)

Fungsi Manajemen Menurut Henry Fayol (POCCC/POSDC dan Principles of Management)