Translate

Pengertian Operating Profit Margin (Rasio Margin Laba Operasi)

Margin laba operasi mengukur persentase setiap penjualan yang tersisa setelah semua biaya dan pengeluaran selain bunga, pajak, dan dividen saham preferen dikurangi. Ini mewakili "laba murni" yang diperoleh dari setiap penjualan.

Laba operasi adalah "murni" karena hanya mengukur laba yang diperoleh dari operasi dan mengabaikan bunga, pajak, dan dividen saham pilihan. Margin laba operasi yang tinggi lebih disukai.

Perusahaan dengan margin laba operasi yang tinggi umumnya lebih siap untuk membayar biaya tetap dan bunga atas kewajiban, memiliki peluang lebih baik untuk bertahan dari perlambatan ekonomi, dan lebih mampu menawarkan harga lebih rendah daripada pesaing mereka yang memiliki margin laba lebih rendah.

Marjin laba operasional sering digunakan untuk menilai kekuatan manajemen perusahaan karena manajemen yang baik secara substansial dapat meningkatkan profitabilitas perusahaan di atas dan di atas biaya operasinya.


1. Kajian Pustaka Operating Profit Margin.

Landasan teori rasio margin laba operasi adalah sebagai berikut:

"The operating profit margin measures the percentage of each sales dollar remaining after all costs and expenses other than interest, taxes, and preferred stock dividends are deducted. It represents the “pure profits” earned on each sales dollar. Operating profits are “pure” because they measure only the profits earned on operations and ignore interest, taxes, and preferred stock dividends. A high operating profit margin is preferred." (Lawrence J. Gitman dan Chad J. Zutter,  75:2015).

"The variability of the operating profit margin over time is a prime indicator of the business risk for a firm. Again, this volatility should be compared to similar volatility measures for competitors and the industry." (Frank K. Reilly dan Keith C. Brown, 287:2012).


2. Rumus Formula Margin Laba Operasi.

Rumus Rasio Margin Laba Operasi 2.
Rumus Rasio Margin Laba Operasi.


3. Tujuan Operating Profit Margin.

Tujuan menghitung operating profit margin adalah untuk mengetahui kinerja operasional dan penjualan perusahaan terhadap sales. Operating profit margin dipengaruhi oleh :.
  1. kinerja penjualan.
  2. nilai penggunaan asset.
  3. beban usaha (beban tenaga kerja, beban tetap, beban umum, beban administrasi, biaya pemasaran dan beban penjualan).
  4. komponen biaya yang terdapat di perhitungan rumus HPP bersih (biaya ongkos kirim, biaya bahan baku).
Mengukur peningkatan  kinerja operating profit margin dapat dilihat dari pergerakan historis persentase margin yang terdapat di laba rugi dari tahun ke tahun yang dipengaruhi oleh:


3.1 Optimalisasi beban usaha.

Yang dimaksud dengan optimalisasi penjualan adalah terdapat peningkatan penjualan yang lebih baik dengan menggunakan asset tetap yang sama. Jadi memaksimalkan potensi tenaga penjualan dengan asset-asset yang dimiliki tanpa ada penambahan asset ataupun dengan penambahan asset yang sedikit.

Peningkatan operating profit margin sangat bergantung dari kemampuan manajemen mengelola perusahaan, mengelola tenaga kerja dan membuat kebijakan internal. Manajemen handal akan melakukan perbaikan terus menerus untuk mengoptimalkan seluruh asset yang dimiliki.


3.2 Penurunan beban usaha.

Penurunan beban usaha dari tahun ke tahun menandakan bahwa terdapat peningkatan kinerja pegawai, efisiensi perlengkapan, perbaikan SOP dan penerapan tata tertib.


3.3 Penurunan komponen biaya HPP/COGS.

Penurunan komponen biaya HPP/COGS dari tahun ke tahun menandakan bahwa proses pengadaan bahan baku mengalami perbaikan dari sisi SOP atau mendapatkan supplier yang lebih murah dibandingkan supplier eksisting sehingga dapat dijual dengan margin yang besar. Biaya HPP/COGS mempengaruhi operating profit margin secara tidak langsung

Peran manajemen dalam menekan biaya produksi, beban usaha dan mengoptimalkan asset tetap sesuai dengan konsep strategi yang dikemukakan oleh Michael Eugene Porter yakni Porter's Generic Strategic dengan strategi fokus terhadap leadership dan biaya.


4. Penerapan Operating Profit Margin.

Mengutip Gitman, margin laba operasi dikatakan murni dikarenakan meniadakan pengaruh bunga, pajak dan dividen saham preferend artinya bahwa nilai yang dihasilkan oleh operating profit margin adalah pencapaian penjualan yang melibatkan seluruh unit dalam proses produksi sampai dengan tahapan akhir penjualan atau customer feedback didalam suatu perusahaan atau suatu strategic business unit.

Pencapaian operating profit margin dapat diukur dengan cara:.
  1. membandingkan operating profit margin dari tahun ke tahun.
  2. membandingkan operating profit margin dengan operating profit margin pesaing yang berada pada level dan ukuran yang sama.
  3. membandingkan operating profit margin dengan operating profit margin rata-rata sektor industri yang sama dengan perusahaan.
Apabila hasil operating profit margin tidak baik atau menurun, maka manajemen perlu melakukan beberapa langkah-langkah strategi atau mengubah kebijakan yang ada, salah satu contohnya adalah sebagai berikut:

1. Menerapkan strategi integrasi vertikal dengan mengakusisi perusahaan-perusahaan penyedia bahan baku sehingga harga bahan baku menjadi lebih murah, strategi integrasi vertikal adalah salah satu strategi dari frame work strategi induk atau grand strategies.

Penerapan strategi integrasi vertikal perlu kajian investasi, dengan sebuah pertanyaan apakah mengakuisisi produser bahan baku feasible untuk perusahaan atau tidak dalam rangka menekan biaya bahan baku.

2. Mendirikan strategic business unit yang memproduksi bahan baku yang dibutuhkan perusahaan, mendirikan strategic business unit harus mempertimbangkan kelayakan usaha agar arus kas tidak terhambat dan layak diinvestasikan.

3. Meningkatkan kedisiplinan dan kinerja pegawai.

4. Memberikan kebijakan stimulus kepada tenaga penjualan berupa reward pencapaian target dengan syarat tercapainya kontribusi margin pegawai melebihi  rata rata beban per pegawai. Jika rata-rata beban per pegawai setiap bulannya adalah Rp. 5.000.000,- maka reward akan diberikan apabila kontribusi margin pegawai melebihi angka Rp. 10.000.000,-.

5. Mengoptimalkan penggunaan asset tetap.

6. Memperbaiki standar operasional prosedur agar proses bekerja lebih cepat dan optimal.

7. Mencari supplier yang dapat memberikan harga yang lebih murah.

Selain sebagai bahan operasional audit, informasi operating profit margin dapat juga digunakan untuk membuat proyeksi keuangan perusahaan dan informasi untuk investor pasar modal untuk menginvestasikan sahamnya.

Rata-rata operating profit margin akan digunakan sebagai driver proyeksi laba rugi perusahaan beberapa tahun kedepan. Proyeksi keuangan atau proyeksi arus kas (cash flow projection) sering digunakan dalam project financing, pembiayaan proyek, kredit investasi, krediti modal kerja, penilaian perusahaan, penilaian saham dan studi kelayakan.

Informasi operating profit margin berguna bagi investor pasar modal untuk mempelajari kinerja perusahaan yang akan diinvestasikannya. Menurut Reilly variabel operating profit margin dari waktu ke waktu (historikal) adalah satu indikator utama resiko bisnis.


5. Cara Menghitung Operating Profit Margin.

Diketahui laporan laba rugi PT. ABC tahun 2018 mencatatkan:
  • penjualan sebesar Rp. 7.000.000.000,-. 
  • harga pokok penjualan sebesar Rp. 4.000.000.000,-.
  • beban penjualan, pemasaran, administrasi dan umum sebesar Rp. 1.000.000.000,-. 
  • beban penyusutan bangunan sebesar Rp. 100.000.000,-.
  • beban penyusutan mesin Rp. 50.000.000,-.
Berapakah Operating Profit Margin?.

Operating Profit Margin = (EBITDA - Depresiasi, Amortisasi) / penjualan 
                                         = ((penjualan - HPP - beban usaha) - depresiasi,amortisasi  / penjualan.

Operating Profit Margin = ((7.000.000.000 - 4.000.000.000 - 1.000.000.000 - 100.000.000 - 50.000.000) - 1.000.000.000) / 7.000.000.000.


Operating Profit Margin = 1.850.000.000 / 7.000.000.000.


Operating Profit Margin = 26,43%.


Sumber :.


1. Gitman, Lawrence, J dan Chad J. Zutter. 2015. Principles of Managerial Finance Brief 7th Edition. Boston: Prentice Hall.
2. Reilly, Frank K dan Ketih C. Brown. 2012. Investment Analysis and Portfolio Management 10th Edition. Mason USA:South-Western Cengage Learning.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Unduh Ebook Manajemen Pemasaran 15th Global Edition 2016 Philip Kotler PDF

Pengertian Fungsi Manajemen Konsep POLC (Planning, Organizing, Leading dan Controling)

Fungsi Manajemen Menurut Henry Fayol (POCCC/POSDC dan Principles of Management)