Translate

Pengertian Strategi Integrasi Vertikal (Vertical Integration Strategy)

1. Apa itu Strategi Integrasi Vertikal (Vertical Integration Strategy)?.

Strategi integrasi vertikal mirip dengan strategi integrasi horizontal termasuk kedalam frame work/kerangka strategi dasar induk atau disingkat strategi Induk (Grand Strategis).

Strategi ini realisasinya digunakan ketika industri berada pada kondisi rapid growth market,terletak di kuadran I dan kuadran II kerangka bagan strategi dasar induk.

Definisi strategi integrasi vertikal adalah strategi kompetitif di mana perusahaan mengambil kendali penuh atas satu atau lebih tahapan dalam produksi atau distribusi suatu produk.

Strategi integrasi vertikal mendorong perusahaan  untuk meningkatkan keunggulan bersaing melalui peningkatan value dari rangkaian rantai nilai. Kerangka value chain menggambarkan unit-unit yang berkontribusi dalam proses produksi produk atau jasa sampai dengan after sales dan supporting unit.



 

Dengan memiliki unit-unit yang berkontribusi dalam proses maka akan meningkatkan value produk atau jasa tersebut. Value yang dimaksud dapat berupa penurunan biaya transfer pricing (pendekatan kuantifikasi), akses distribusi, akses supplier, differensiasi, teknologi, dll.

Sebuah perusahaan memilih integrasi vertikal untuk memastikan kontrol penuh atas pasokan bahan baku untuk memproduksi produk-produknya. Vertical Integration juga dapat digunakan untuk mengambil alih kendali distribusi produk-produknya.

2. Strategi Integrasi Vertikal dalam keputusan strategis manajemen.

Bagan Jenis Strategi Integrasi Vertikal sumber : https://www.mbacrystalball.com.

2.1 Strategi Integrasi Vertikal Hulu (Backward Integration).

Seperti yang telah kita lihat, integrasi vertikal mengintegrasikan perusahaan dengan unit-unit yang memasok bahan mentah (integrasi ke belakang).

Strategi integrasi hulu Misalnya, perusahaan yang bergerak dalam bidang industri pengolahan teh celup memiliki anak perusahaan yang bergerak dalam bidang perkebunan teh sebagai pemasok daun teh.

2.2 Strategi Integrasi Vertikal Hilir (Forward Integration).

Strategi integrasi vertikal hilir digunakan untuk menguasai saluran distribusi produk hingga ke diterima oleh konsumen akhir (end user).

Strategi integrasi hilir misalnya sebuah perusahaan "A" bergerak dibidang industri pengolahan mie instant yang memiliki sebagian saham di perusahaan "B" yang bergerak di bidang waralaba mini market. Dengan adanya hubungan entitas perusahaan, pemasaran produk perusahaan A dapat lebih mudah dan terjamin, perusahaan A juga diuntungkan dengan  besarnya cakupan gerai minimarket perusahaan B.

2.3 Strategi Integrasi Vertikal Seimbang (Balanced Integration).

Ada jenis ketiga integrasi vertikal, yang disebut integrasi seimbang, yang merupakan campuran yang bijaksana dari strategi integrasi hulu yakni menguasai jalur produksi/hulu dan strategi integrasi hilir adalah menguasai jalur distribusi produk akhir/hilirisasi atau pemanfaatan produk akhir.


3. Kapan integrasi vertikal menarik untuk bisnis?.

Beberapa faktor mempengaruhi pengambilan keputusan yang mengarah ke integrasi mundur dan maju. Perusahaan dapat mengikuti strategi ini dalam skenario berikut:.
  1. Pemasok bahan baku atau komponen perusahaan saat ini, atau distributor produk akhirnya, tidak dapat diandalkan.
  2. Harga bahan baku tidak stabil atau distributor mengenakan biaya tinggi.
  3. Pemasok atau distributor mendapatkan margin keuntungan yang besar.
  4. Perusahaan memiliki sumber daya untuk mengelola bisnis baru yang saat ini sedang ditangani oleh pemasok atau distributor.
  5. Industri ini diperkirakan akan tumbuh secara signifikan.

4. Keunggulan Strategi Integrasi Vertikal.

  1. Memperlancar rantai pasokannya (dengan memastikan ketersediaan bahan baku, bahan pendukung, jasa pendukung dan utilitas dalam spesifikasi persis yang dibutuhkannya).
  2. Menimalisir biaya pembelian material dan biaya distribusi melalui sistem transfer pricing. Sehingga dapat meningkatkan Gross Profit Margin atau Operating Profit Margin yang menjadi tolak ukur kinerja perusahaan.
  3. Membuat distribusi dan layanan purna jual lebih efisien (dengan membuka ruang pamer sendiri).
  4. Menyerap sendiri keuntungan dari hulu ke hilir.
  5. Meningkatkan hambatan masuk bagi pendatang baru (dengan mampu mengurangi biaya melalui pemasok dan distributornya sendiri).
  6. Berinvestasi dalam fungsi-fungsi spesifik seperti riset dan mengembangkan kompetensi intinya.

5. Kekurangan Strategi Integrasi Vertikal.

  1. Kualitas barang yang dipasok sebelumnya oleh sumber eksternal dapat jatuh karena kurangnya persaingan.
  2. Fleksibilitas untuk menambah atau mengurangi produksi bahan baku atau komponen dapat hilang karena perusahaan mungkin perlu mempertahankan tingkat produksi untuk mencapai skala ekonomi.
  3. Mungkin sulit bagi perusahaan untuk mempertahankan kompetensi inti karena berfokus pada integrasi unit-unit baru.
  4. Pasokan produk/raw material integrasi hulu berlebihan sehingga harus mencari pembeli diluar internal perusahaan.
  5. Oversupply finished goods akibat memiliki anak perusahaan yang memasok bahan baku, menyebabkan perusahaan harus mencari buyer untuk menjual oversupply.
  6. Pengambilan keputusan yang lama, terutama ketika proses pengajuan kredit karena bank akan meminta analisa konsolidasi group usaha. Apabila hanya menggunakan satu perusahaan hasil analisa kinerja cenderung hasilnya tidak baik dan tidak menggambarkan keseluruhan bisnis.

6. Contoh Perusahaan Yang Menerapkan Strategi Integrasi Vertikal.

PT. SMART, Tbk.

PT. Sinar Mas Agro Resources and Technology, Tbk (PT. SMART, Tbk) memiliki  banyak anak perusahaan dan entitas asosiasi yang mendukung sektor industri kelapa sawit atau CPO (crude palm oil) dari hulu hingga hilir.

Keseluruhan subsidiary dan entitas asosiasi (Associates Company) saling mendukung strategi korporasi PT. SMART, Tbk. PT. SMART, Tbk memiliki saham atas entitas perusahaan yang menyediakan bibit kelapa sawit, pemupukan, perkebunan kelapa sawit, transportasi, pabrik pengolahan CPO (PKS), pengolahan oleochemicals, sampai dengan produk akhir dengan merk ternama minyak goreng Filma.


Sumber :.



Komentar


  1. Thank you for sharing such useful blog. It will definitely help the reader increase their knowledge. We would also like to add to this and request to check our page, as our services is one of the best among public universities in germany for masters

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Unduh Ebook Manajemen Pemasaran 15th Global Edition 2016 Philip Kotler PDF

Pengertian Fungsi Manajemen Konsep POLC (Planning, Organizing, Leading dan Controling)

Fungsi Manajemen Menurut Henry Fayol (POCCC/POSDC dan Principles of Management)