Postingan

Translate

Pengertian Klasifikasi Struktur Pasar

Gambar
Jenis Struktur Pasar Dalam Ekonomi. Struktur pasar (market structure) terbentuk oleh jumlah permintaan dan penawaran serta jenis barang yang ada di pasar saat ini dapat dijadikan dasar untuk mengetahui struktur pasar atas produk atau jasa tersebut. Jadi, kalau kita menanamkan investasi untuk menghasilkan suatu produk atau jasa, maka pengenalan struktur pasar yang ada mutlak diperlukan sebelum produk/jasa tersebut diluncurkan, agar strategi dan kebijakan tentang pemasaran yang diambil benar-benar tepat sasaran. (Kasmir dan Jakfar, 2016:45). Struktur pasar yang terbentuk dapat dilihat dari market share perusahaan, jumlah perusahaan, jumlah penduduk, potensi jumlah pembeli, potensi jumlah supplier, harga jual, akses distribusi dan biaya input. Dari variabel-variabel yang disebutkan diatas akan membentuk permintaan dan penawaran yang pada akhirnya terbentuk struktur pasar. Struktur pasar terdapat pada segala jenis pasar (pasar tenaga kerja, pasar supply, dll). Klasifikasi stru...

Pengertian Analisis Five Forces Porter, Mengkaji Lingkungan Industri dan Pesaing

Gambar
Analisis five forces atau biasa disebut dengan Porter Five Forces dikembangkan oleh Michael Eungene Porter (disingkat Michael E. Porter) seorang Professor yang mengajar di Harvard Business School. Porter mengemukakan terdapat lima kekuatan yang mengancam dan mempengaruhi sebuah entitas bisnis  kekuatan-kekuatan atau forces tersebut dituang kedalam sebuah frame work atau konsep. Adapun kekuatan-kekuatan yang diungkapkan oleh Porter dalam Five Forces Analysis Porter atau analisis lima kekuatan Porter   adalah sebagai berikut:  Porter's Five Forces Analysis (Analisis Five Forces Porter). Threat of New Entrants (Ancaman Pendatang Baru) Bargaining Power Of Supplier (Kekuatan Tawar-menawar Pemasok) Bargaining Power Of Buyer (Kekuatan Tawar-menawar Pembeli) Rivalry Aming Existing Competitors (Persaingan Antara Perusahaan Lama) Threat of Substitute Products Or Services (Ancaman Produk Substitusi) Concept Mapping Five Forces Porter's Informasi untuk menyusun ...

Pengertian Analisis PEST Sebuah Analisis Eksternal Dalam Menyusun Strategi Perusahaan

Gambar
Setelah proses menentukan misi, visi dan sasaran tahapan selanjutnya adalah proses penyelidikan dan pengkajian bidang eksternal perusahaan. Lingkungan eksternal suatu organisasi bisnis menurut Carpenter & Sanders dalam buku Strategic Management terdiri dari lingkungan makro (politik, hukum, ekonomi, budaya, teknologi dan lingkungan), lingkungan industri, kelompok strategis (lingkungan pesaing) dan organisasi. Dari penjelasan diatas maka analisis dan pengkajian eksternal perusahaan mencakup. Peta Konsep Hubungan Makro Dengan Perusahaan. 1. Analisis lingkungan umum makro. 2. Analisis lingkungan industri. 3. Analisis persaingan. Secara praktis, para konsultan bisnis ketika membuat kajian studi kelayakan bisnis menggunakan analisis PEST untuk menganalisa kondisi ekternal dan untuk membuat riset pasar. Tujuan dari analisis PEST atau PESTLE adalah alat strategis untuk memahami pertumbuhan atau penurunan pasar, posisi, potensi dan arah untuk operasi. A...