Translate

Pengertian Strategi Penetrasi Pasar (Market Penetration Strategy)

Strategi penetrasi pasar masuk kedalam konsep strategi induk atau grand strategies. Market penetration strategy berada pada kuadran satu dan kuadran dua. Jadi penerapan strategi penetrasi pasar akan lebih efektif dan realistis diterapkan apabila kondisinya berada pada rapid growth market.


Matrix strategi induk 2
Matrix strategi induk.

Strategi penetrasi pasar berupaya meningkatkan pangsa pasar untuk produk atau layanan yang ada (eksisting) di pasar saat ini melalui upaya pemasaran yang lebih besar.





Strategi penetrasi banyak digunakan sendiri dan dikombinasikan dengan strategi lainnya. Penetrasi pasar meliputi peningkatan jumlah tenaga penjualan, peningkatan pengeluaran iklan, penawaran item promosi penjualan yang luas, atau peningkatan upaya publisitas.


1. Empat pedoman ketika strategi induk penetrasi pasar mungkin merupakan strategi yang sangat efektif adalah:.

  1. Pasar saat ini tidak jenuh. Dapat diketahui melalui riset pasar atau pendekatan asumsi data statistik demografi yang didapat melalui BPS.
  2. Tingkat penggunaan pelanggan saat ini dapat meningkat secara signifikan.
  3. Pangsa pasar dari pesaing menurun sementara total penjualan industri meningkat.




  4. Skala peningkatan ekonomi memberikan keunggulan kompetitif utama. 

2. Dua aspek strategi penetrasi pasar:.

  1. Penetrasi pasar yang cepat: berdasarkan dua asumsi, untuk menurunkan harga dan kegiatan promosi dapat ditingkatkan.
  2. Penetrasi pasar yang lambat: juga didasarkan pada dua asumsi, untuk menurunkan harga tetapi kegiatan promosi tidak berubah.

3. Penerapan Strategi Penetrasi Pasar.

Strategi penetrasi pasar dapat dilakukan untuk masuk ke pasar yang baru dengan menggunakan produk dan jasa yang sudah ada (eksisting).

3.1 Sebagai contoh strategi penetrasi pasar untuk masuk ke pasar yang baru.

Strategi penetrasi pasar produk rokok, penjualan produk rokok XYZ di Kabupaten Bogor sangat bagus, pasar di Kabupaten Bogor cukup menerima dengan baik kegiatan promosi rokok XYZ, melihat potensi yang sangat baik, perusahaan berencana untuk memasarkan produk rokok XYZ ke Kabupaten Cianjur.

Mengapa Kabupaten Cianjur dipilih? dikarenakan warga cianjur banyak melewati wilayah Kabupaten Bogor, sehingga pernah mengetahui produk rokok XYZ melalui iklan reklame.

Atas latar belakang kedekatan lokasi Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur yang dekat dan juga arus informasi serta mobilisasi masyarakat cukup intens sehingga secara common sense strategi penetrasi pasar masih dapat relevan untuk direalisasikan.

Strategi penetrasi pasar juga dapat dilakukan untuk merebut customer pesaing atau untuk menjaga pangsa pasar di suatu daerah.


3.2 Sebagai contoh strategi penetrasi pasar untuk merebut customer pesaing atau untuk menjaga pangsa pasar di suatu daerah.

Citra yang terbangun dari produk rokok XYZ adalah rokok anak muda di Kabupaten Bogor, serupa dengan produk pemain lama di Kabupaten Karawang yakni rokok DEF.

Produk rokok DEF lebih digemari di Kabupaten Karawang dikarenakan positioning yang dibangung oleh DEF sesuai dengan anak muda di Kabupaten Karawang sehingga berdampak DEF menguasai pangsa pasar di Kabupaten Karawang selama ini karena tidak ada pesaing yang serupa. 

Melihat potensi besar karena hanya ada satu pemain rokok anak muda di Kabupaten Karawang, perusahaan produk rokok XYZ  ingin merebut pangsa pasar dengan cara strategi penetrasi pasar, strategi penetrasi pasar yang dilakukan adalah dengan cara melakukan promosi dengan penurunan harga untuk mendapatkan pangsa pasar produk rokok DEF.

Selain promosi penurunan harga, perusahaan juga melakukan investasi iklan di Kabupaten Karawang dan menggunakan tenaga sales forces (SPG) serta bekerja sama dengan event organizer di Kabupaten Karawang untuk merebut pangsa pasar rokok DEF.

Sumber :.




Komentar

  1. Terimakasih untuk informasinya ya, bermanfaat banget.
    Oh ya, sekedar nambahin informasi aja nih. Bagi yang membutuhkan Rental AC Bali untuk keperluan berbagai acara seperti konser, pernikahan, meetup, atau lainnya bisa coba hubungi kami Arthur Teknik. Dengan senang hati, kami akan siap membantu Anda.

    Terimakasih lagi min,
    Salam blogger.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Unduh Ebook Manajemen Pemasaran 15th Global Edition 2016 Philip Kotler PDF

Pengertian Fungsi Manajemen Konsep POLC (Planning, Organizing, Leading dan Controling)

Fungsi Manajemen Menurut Henry Fayol (POCCC/POSDC dan Principles of Management)