Translate

Pengertian Analisis SWOT Untuk Menentukan Strategi dan Posisi

Definisi Analisis SWOT Strategi dan Posisi.

Seluruh informasi, riset dan data yang dihasilkan ketika melakukan analisis eksternal perusahaan dan analisis internal diurutkan berdasarkan tingkat urgensi dan dampaknya kepada unit bisnis, proyek atau perusahaan berdasarkan pandangan Top Manajemen, setelah disusun tingkat urgensi dan dampaknya, hasil dari penyusunan tersebut diolah kedalam model analisis SWOT atau TOWS.

"The overall evaluation of a company’s strengths, weaknesses, opportunities, and threats is called SWOT analysis. It’s a way of monitoring the external and internal marketing environment". (Kotler, 71:2016).


Pengertian Analisis SWOT
TOWS.


Setelah informasi dan data dikumpulkan, lalu apa selanjutnya? Dan Apa yang dimaksud analisis SWOT atau TOWS?.

SWOT adalah singkatan dari Strength (kekuatan perusahaan), Weakness (kelemahan perusahaan), Opportunity (peluang dari lingkungan eksternal perusahaan) dan Threats (ancaman dari lingkungan luar perusahaan). Data dan informasi kemudian diolah dan disusun berdasarkan konsep TOWS atau konsep SWOT. Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut:.

Pengertian Analisis SWOT
Hubungan Pendekatan Internal dan Eksternal
Analysis Terhadap SWOT.

Strength.

Strength adalah keunggulan perusahaan berasal dari internal perusahaan, strength didapat dari analisis internal perusahaan berupa keunggulan asset fisik, keunggulan kondisi keuangan, keunggulan sumber daya tidak berwujud, kinerja atau kapabilitas mengutilisasikan sumber daya, keunggulan dilihat dari konsep marketing mix.

Weakness.

Weakness adalah kekurangan perusahaan yang bersumber dari internal perusahaan, implementasi menetapkan weakness sama dengan strength namun yang digunakan adalah kekurangannya.


Hubungan Analisis SWOT dengan PEST
Hubungan Pendekatan Analisis PEST (Macro Analysis)
dengan Pendeakatan Analisis SWOT.

"External Environment (Opportunity and Threat) Analysis A business unit must monitor key macro environment forces and significant micro environment factors that affect its ability to earn profits. It should set up a marketing intelligence system to track trends and important developments and any related opportunities and threats". (Kotler, 71:2016).

Opportunity.

Opportunity ialah potensi bisnis yang berasal dari analisa eksternal perusahaan (Analisis PEST dan analisis five forces). Hasil dari analisis ekternal perusahaan akan mendeskripsikan melalui data berupa potensi bisnis atau peluang yang bisa dimanfaatkan perusahaan.


Threat.

Threat merupakan ancaman yang akan perusahaan hadapi ketika terjun dalam bisnis tertentu, ancaman didapatkan dari analisa eksternal perusahaan (Analisis PEST dan analisis five forces).



loading...





Langkah-langkah Menyusun Matrix Analisis SWOT.

1. Data-data dan informasi-informasi dipilih 5 atau lebih diambil yang paling memberikan dampak terbesar dan tingkat urgensinya dari setiap strength, weakness, opportunity dan threat. Tingkat urgensi dan dampak berdasarkan pandangan top manajemen.

2. Masukan setiap data-data dan informasi-informasi yang telah dipilah pada matrix analisis SWOT, strength dan weakness berada pada baris pertama sedangkan opportunity dan threat pada kolom pertama, contohnya dapat dilihat dibawah ini:.

Model Analisis SWOT Pengertian Analisis SWOT
Model Analisis SWOT.

3. Formulasi strength dengan opportunity menghasilkan strategi pengembangan dan pertumbuhan, formulasi weakness dengan opportunity menghasilkan strategi menghadapi peluang dengan kelemahan yang ada, formulasi strength dengan threat menghasilkan strategi menutupi ancaman dengan kekuatan dan terakhir formulasi weakness dengan threat menggunakan strategi meminimalisir resiko, menghindari dan membalikan paradigma.

Mengetahui Posisi Perusahaan/Unit Bisnis Eksisting (yang sedang berjalan) Melalui Analisis SWOT.


Dengan pengkajian dari analisis internal organisasi perusahaan dapat diketahui kinerja perusahaan, yang menggambarkan posisi keunggulan dan kelemahan perusahaan itu. Sedangkan dengan pengkajian dari analisis eksternal (pendekatan PEST dan analisa five forces) dapat didalami pengidentifikasian kecenderungan yang lebih, dengan penggambaran peluang bisnis yang ada atau dihadapi sekarang dan ancaman atau hambatan operasional perusahaan. Dari kedua pengkajian dari analisis dapat diketahui posisi perusahaan. (Sofjan Assauri, 2013, p. 61).

Korelasi Informasi TOWS Dengan Grand Strategy.

Menggunakan salah satu matriks SWOT dapat meningkatkan peluang para manajer untuk membuat keputusan strategis yang paling efektif, tetapi menggunakannya secara bersama-sama dengan Matriks Grand Strategy dapat menghadirkan sinergi yang mengungkap peluang yang lebih besar.

Mengingat informasi yang terkandung dalam matriks SWOT, perencana strategis dapat menginterpretasikan strategi mana yang tercantum dalam matriks strategi besar yang paling sesuai untuk organisasi mereka. 

Strength dapat dimanfaatkan untuk memanfaatkan strategi rapid growth market. Perusahaan yang kekuatannya termasuk departemen penelitian dan pengembangan yang sangat kompetitif, misalnya, dapat lebih mudah menemukan peluang untuk mengembangkan produk terdepan dalam industri yang berkembang pesat. Ancaman dapat diatasi untuk mengambil keuntungan dari strategi untuk posisi persaingan yang lemah. 

Perusahaan yang ancaman eksternalnya termasuk pesaing besar yang mengakar, misalnya, dapat menemukan peluang untuk melayani niche market dalam industri yang matang dan slow growth.

Jadi, ketika melihat kedua matriks bersama-sama, pola dan tren muncul yang memberi informasi lebih besar pada informasi yang disajikan di setiap bagan.



Matriks Grand Strategy.


Analisis TOWS adalah efektif digunakan pada level unit bisnis, terkadang pada level perusahaan terutama perusahaan besar, group usaha dan perusahaan konglomerasi sangat sulit diterapkan.

Dalam penerapannya, terkadang hasil analisis SWOT dilampirkan data-data dan informasi tambahan dari hasil analisis internal dan ekternal perusahaan yang tidak dimasukan kedalam analisis SWOT. Penerapan seperti ini dilakukan untuk menginformasi top manajemen sehingga mengurangi kemungkinan kesalahan dalam mengambil keputusan. (wikipedia).

1. Assauri, Sofjan (2013). "Strategic Management, Edisi 2". Raja Grafindo : Jakarta.
2. www.wikipedia.com.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Unduh Ebook Manajemen Pemasaran 15th Global Edition 2016 Philip Kotler PDF

Pengertian Fungsi Manajemen Konsep POLC (Planning, Organizing, Leading dan Controling)

Fungsi Manajemen Menurut Henry Fayol (POCCC/POSDC dan Principles of Management)