Translate

Pengertian Visi, Misi dan Sasaran

 Diagram Visi, Misi dan Target 2.
Diagram Visi, Misi dan Target.

Pengertian Visi.

1. Apa itu visi menurut konsep yang disusun oleh ahli akademisi?.


Visi adalah arah jalan perusahaan, menunjukkan apa yang perusahaan inginkan "menjadi dan memandu" untuk inisiatif transformasional dengan menetapkan arah yang ditetapkan untuk pertumbuhan perusahaan. Pernyataan visi mengalami revisi minimal sekali selama masa bisnis, tidak seperti sasaran operasional yang dapat diperbaharui dari tahun ke tahun. Visi dapat berkisar dari kalimat pendek ke beberapa halaman. Visi juga ditulis dan dirujuk secara formal dalam dokumen perusahaan bukan seperti prinsip umum yang secara informal diartikulasikan oleh manajemen senior. (Mark Lipton, 1996, p.83).

Visi merupakan pernyataan yang sederhana, mau diarahkan ke mana jalannya organisasi dan apa yang diinginkan pimpinan organisasi untuk dicapai pada masa depan dalam jangka panjang. (Sofjan Assauri, 2013, p.17).

Visi adalah suatu pandangan jauh ke depan mengenai cita dan citra yang ingin diwujudkan suatu institusi/organisasi pada masa yang akan datang, sehingga dapat menjawab pertanyaan institusi/organisasi ingin menjadi seperti apakah kita? (David, Fred R., 2012).

Visi (Vision) merupakan rangkaian kalimat yang menyatakan cita-cita atau impian sebuah organisasi atau perusahaan yang ingin dicapai di masa depan. Atau dapat dikatakan bahwa visi merupakan pernyataan want to be dari organisasi atau perusahaan. Visi juga merupakan hal yang sangat krusial bagi perusahaan untuk menjamin kelestarian dan kesuksesan jangka panjang. ( Wibisono, 2006).

2. Apa itu visi secara sederhana?.

Visi adalah "Gambaran aspirasi tentang apa yang ingin dicapai atau dicapai oleh organisasi di masa depan jangka menengah atau jangka panjang. Ini dimaksudkan untuk menjadi panduan yang jelas untuk memilih tindakan saat ini dan masa depan.


3. Pernyataan seperti apa yang menjadi sebuah visi?.

Menurut Kantabutra, Sooksan; Avery, Gayle (83:2010) Ciri-ciri umum visi meliputi:.
  • ringkas: mudah diingat dan diulang.
  • Jelas: mendefinisikan tujuan utama.
  • Waktu cakrawala: mendefinisikan cakrawala waktu.
  • berorientasi pada masa depan: menjelaskan di mana perusahaan tersebut berjalan daripada keadaan saat ini.
  • stabil: menawarkan perspektif jangka panjang dan tidak mungkin terpengaruh oleh perubahan pasar atau teknologi.
  • menantang: bukan sesuatu yang mudah ditemui dan dibuang.
  • abstrak: cukup umum untuk mencakup semua kepentingan organisasi dan arahan strategis.
  • Menginspirasi: memotivasi karyawan dan merupakan sesuatu yang dipandang karyawan sebagai sesuatu yang diinginkan.


Pengertian Misi.

4. Apa itu misi menurut konsep yang disusun oleh ahli akademisi?.


Misi merupakan pernyataan tentang berdirinya organisasi perusahaan, sebagai nilai dan maksud mendasar dari didirikannya organisasi tersebut.(Sofjan Assauri, 2013, p.17)


Pernyataan misi termasuk pernyataan singkat mengenai masalah mendasar seperti nilai atau filosofi organisasi, keunggulan kompetitif utama bisnis, atau keadaan masa depan yang diinginkan - "visi". (Gibson, C. Kendrick; Newton, David J.; Cochran, Daniel S., 1992, p. 47)

Sedangkan misi mempunyai pengertian sesuatu yang harus diemban oleh suatu institusi/organisasi sesuai dengan visinya. (David, Fred R., 2012).

Misi (Mision) Menurut Wheelen sebagaimana dikutip oleh Wibisono (2006, p. 46-47) Misi merupakan rangkaian kalimat yang menyatakan tujuan atau alasan eksistensi organisasi yang memuat apa yang disediakan oleh perusahaan kepada masyarakat, baik berupa produk ataupun jasa.

5. Apa itu misi?.

Maksud dan tujuan mendasar organisasi didirikan.


6. Pernyataan seperti apa yang menjadi sebuah misi?.


Menurut Hull, Patrick (10 January 2013) dalam Forbes , pertanyaan berikut harus dijawab dalam pernyataan misi:.


  • "Apa yang kita lakukan?" - Pernyataan misi harus secara jelas menguraikan tujuan utama organisasi, dan apa yang mereka lakukan.
  • "Bagaimana kita melakukannya?" - Juga harus disebutkan bagaimana seseorang merencanakan untuk mencapai pernyataan misi. 
  • "Untuk siapa kita melakukannya?" - pernyataan misi harus dinyatakan dengan jelas dalam pernyataan misi tersebut. 
  • "Nilai apa yang kita bawa?" - Manfaat dan nilai dari pernyataan misi harus dijelaskan dengan jelas.
Menurut David, Fred R, (2009:102) terdapat Sembilan karakteristik yang harus terangkum dalam suatu misi perusahaan, dan karena misi perusahaan merupakan bagian dari proses strategic management yang akan dipublikasikan kepada masyarakat, maka misi perusahaan sebaiknya mencakup kesembilan komponen pokok tersebut, yang terdiri dari :.
  1. Customer : secara explisit misi harus menyebutkan siapa yang menjadi pelanggan bagi produk perusahaan.
  2. Product or Services : dalam hal ini secara spesifik perusahaan harus menyebutkan produk atau jasa apa saja yang dihasilkan oleh perusahaan. 
  3. Markets : pernyataan ini menjelaskan di pasar mana produk perusahaan akan bersaing dengan produk yang dihasilkan oleh pesaing.
  4. Technology : pernyataan misi menyebutkan arah pengembangan teknologi perusahaan untuk memenuhi kebutuhan konsumen. 
  5. Concern for survival, growth, and profitablility :  dalam hal ini pernyataan misi menunjukkan secara jelas komitmen perusahaan terhadap kelangsungan hidup perusahaan, pertumbuhan dan kemampuan untuk menghasilkan laba (Profitabilitas). 
  6. Philosophy : misi akan menjelaskan kepercayaan (beliefs), nilai (values), aspirasi, dan prioritas etis dari perusahaan. 
  7. Self Concept : misi akan menjelaskan apa yang menjadi kompetensi unggulan (distinctive competences) dari perusahaan  dibandingkan pesaingnya. 
  8. Concern for public image : misi akan menunjukan apa kah perusahaan memiliki respons terhadap masalah-masalah sosial, kemasyarakatan maupun terhadap masalah lingkungan. 
  9. Concern for employees : dalam hal ini pernyataan misi akan  menunjukkan apakah karyawan merupakan aset yang berharga bagi perusahaan.

Pengertian Sasaran.

7. Apa itu sasaran menurut konsep yang disusun oleh ahli akademisi?.

Sebuah sasaran adalah gambaran tentang masa depan atau hasil yang diinginkan bahwa seseorang atau sekelompok orang membayangkan, rencana dan berkomitmen untuk mencapainya. (Locke, Edwin A.;Latham, Gary P.,1990).

Sasaran memiliki dua karakteristik: isi, dan intensitas. Konten mengacu pada prestasi yang dipilih (misalnya, saya ingin membentuk hubungan cinta). Intensitas mengacu pada jumlah sumber daya fisik dan mental yang dibutuhkan untuk menciptakan atau mencapai konten. Model asli yang diajukan oleh Locke terdiri dari lima langkah: Stimuli Lingkungan → Kognisi → Evaluasi → Niat \ Menetapkan Tujuan → Kinerja. (Locke, E. A. ,1968, p. 157).

8. Apa itu sasaran?.

Sasaran adalah hasil yang diinginkan.

9. Cara menyusun sasaran yang baik?.

Menurut Locke, Edwin A.; Latham, Gary P. (2002:p. 57), sasaran mempengaruhi kinerja dengan cara berikut:.
  • Tujuan perhatian langsung dan usaha menuju kegiatan yang sesuai dengan tujuan,
  • Tujuan yang sulit menyebabkan usaha lebih besar,
  • Tujuan meningkatkan ketekunan, dengan tujuan sulit memperpanjang upaya, dan
  • Tujuan secara tidak langsung menyebabkan gairah , dan untuk menemukan dan menggunakan pengetahuan dan strategi yang sesuai dengan tugas.
Hubungan positif antara tujuan dan kinerja bergantung pada beberapa faktor. Pertama, tujuan harus dianggap penting dan individu harus berkomitmen. Pengaturan tujuan partisipatif dapat membantu meningkatkan kinerja, namun partisipasi itu sendiri tidak secara langsung memperbaiki kinerja.

Sumber :.

1. Lipton, Mark (Summer 1996). "Demystifying the Development of an Organizational Vision". Sloan Management Review. 37 (4): 83.
2. Assauri, Sofjan (2013). "Strategic Management, Edisi 2". Raja Grafindo : Jakarta.
3. Kantabutra, Sooksan; Avery, Gayle (2010). "The power of vision: statements that resonate" (PDF). Journal of Business Strategy. 31 (1): 37–45.
4. Gibson, C. Kendrick; Newton, David J.; Cochran, Daniel S. (1992). "An empirical investigation of the nature of hospital mission statements". In Brown, Montague. Health Care Management: Strategy, Structure, and Process. Health Care Management Review Series. Gaithersburg, MD: Aspen Publishers. pp. 47–58.
5. Hull, Patrick (10 January 2013). "Answer 4 Questions to Get a Great Mission Statement". Forbes. Forbes Media, LLC.
6. Locke, Edwin A.; Latham, Gary P. (1990). A theory of goal setting & task performance. Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall.
7. Locke, E. A. (1968). "Toward a theory of task motivation and incentives". Organizational Behavior and Human Performance. 3 (2): 157.
8. Locke, Edwin A.; Latham, Gary P. (September 2002) [2002]. "Building a practically useful theory of goal setting and task motivation: a 35-year odyssey". American Psychologist. 57 (9): 705–717.

Komentar

  1. Terima kasih kak referensi pengertian visi misi menurut para ahlinya, lumayan sebagai bahan pertimbangan pembuatan makalah.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Unduh Ebook Manajemen Pemasaran 15th Global Edition 2016 Philip Kotler PDF

Pengertian Fungsi Manajemen Konsep POLC (Planning, Organizing, Leading dan Controling)

Fungsi Manajemen Menurut Henry Fayol (POCCC/POSDC dan Principles of Management)