Pengertian Strategi Diversifikasi
Strategi diversifikasi digunakan untuk memperluas operasi perusahaan dengan menambahkan pasar, produk, layanan, atau tahapan produksi ke bisnis yang ada. Tujuan diversifikasi adalah untuk memungkinkan perusahaan memasuki lini bisnis baru yang berbeda dari operasi saat ini. Lini bisnis baru dari strategi diversifikasi dapat memperkuat group perusahaan dari iklim ekonomi resesi, persaingan ataupun menghadapi perubahan teknologi. Perubahan teknologi mengharuskan perusahaan untuk beradaptasi dengan meningkatkan sumber daya strategik yang tidak berwujud (knowledge dan intellectual capital) , caranya dengan mengakuisisi perusahaan yang memiliki sumber daya tersebut yakni strategi diversifikasi. Strategi diversifikasi terbagi menjadi dua yakni diversifikasi yang memiliki keterkaitan dengan bisnis eksisting dan diversifikasi unit baru yang tidak ada keterkaitan dengan bisnis eksisting. Usaha baru secara strategis terkait dengan lini bisnis yang ada maka strategi tersebut disebut diversifik