Postingan

Translate

Pengertian Analisis PEST Sebuah Analisis Eksternal Dalam Menyusun Strategi Perusahaan

Gambar
Setelah proses menentukan misi, visi dan sasaran tahapan selanjutnya adalah proses penyelidikan dan pengkajian bidang eksternal perusahaan. Lingkungan eksternal suatu organisasi bisnis menurut Carpenter & Sanders dalam buku Strategic Management terdiri dari lingkungan makro (politik, hukum, ekonomi, budaya, teknologi dan lingkungan), lingkungan industri, kelompok strategis (lingkungan pesaing) dan organisasi. Dari penjelasan diatas maka analisis dan pengkajian eksternal perusahaan mencakup. Peta Konsep Hubungan Makro Dengan Perusahaan. 1. Analisis lingkungan umum makro. 2. Analisis lingkungan industri. 3. Analisis persaingan. Secara praktis, para konsultan bisnis ketika membuat kajian studi kelayakan bisnis menggunakan analisis PEST untuk menganalisa kondisi ekternal dan untuk membuat riset pasar. Tujuan dari analisis PEST atau PESTLE adalah alat strategis untuk memahami pertumbuhan atau penurunan pasar, posisi, potensi dan arah untuk operasi. A...

Pengertian Analisis SWOT Untuk Menentukan Strategi dan Posisi

Gambar
Definisi Analisis SWOT Strategi dan Posisi. Seluruh informasi, riset dan data yang dihasilkan ketika melakukan analisis eksternal perusahaan dan analisis internal diurutkan berdasarkan tingkat urgensi dan dampaknya kepada unit bisnis, proyek atau perusahaan berdasarkan pandangan Top Manajemen, setelah disusun tingkat urgensi dan dampaknya, hasil dari penyusunan tersebut diolah kedalam model analisis SWOT atau TOWS. "The overall evaluation of a company’s strengths, weaknesses, opportunities, and threats is called SWOT analysis.  It’s a way of monitoring the external and internal marketing environment". (Kotler, 71:2016). TOWS. Setelah informasi dan data dikumpulkan, lalu apa selanjutnya? Dan Apa yang dimaksud analisis SWOT atau TOWS?. SWOT adalah singkatan dari Strength (kekuatan perusahaan), Weakness (kelemahan perusahaan), Opportunity (peluang dari lingkungan eksternal perusahaan) dan Threats (ancaman dari lingkungan luar perusahaan). Data dan informas...

Internal Analysis : Resource To Determine Strength and Weakness

Gambar
After determining the mission, vision and goals, the next process in creating the company's strategy is  internal and external analysis of the company. Corporate Internal Analysis. Internal Analysis. Internal analysis company requires activity to evaluate company resource, the heterogeneous set of resources and managerial capabilities that can be established. From this perspective there will be several companies that have resources and capabilities that can not be owned by other companies. If the company faces such a situation, it will encourage a development core competence or competitive advantage of the company (Sofjan Assauri, 2013, p 47). Internal company's analysis consists of:. 1. Strategic resource analysis. 2. Capabilities analysis. 3. Core competency analysis / VRINE model analysis/distinctive competency. 4. Value chain analysis. 1. Strategic Resource Analysis. The strategic resources of an organization consist of physical ass...